Wisata Sambil Mengenal Dunia Astronomi di Planetarium Jakarta

Punya rencana pergi ke Jakarta? Yuk ajak keluargamu sekalian mengunjungi Planetarium Jakarta. Di sana kamu dan keluarga bisa berwisata sekaligus belajar tentang astronomi. Bagi yang tinggal di Bandung, kamu bisa pergi ke sana dengan membeli tiket kereta Bandung Jakarta di aplikasi Pegipegi.

Meskipun di Bandung ada Observatorium Bosscha, tidak ada salahnya belajar astronomi di Planetarium Jakarta. Karena suasananya dan wahananya pasti berbeda jadi patut dicoba bagi kamu yang suka dengan dunia astronomi.

Berbagai Daya Tarik Planetarium Jakarta

Ketika berkunjung ke Planetarium Jakarta kamu dan keluarga tidak sekedar berwisata. Tapi, juga bisa mendapat ilmu dan pengalaman baru tentang dunia astronomi. Harga tiketnya pun tergolong sangat terjangkau, untuk dewasa  cukup hanya Rp12 ribu dan untuk anak-anak hanya Rp7 ribu.

Sangat terjangkaukan? Jad, ketika pergi ke Jakarta jangan lupa mampir ke Planetarium Jakarta untuk menikmati berbagai wahana menariknya. Berikut ini beberapa wahana dan fasilitas yang ditawarkan oleh Planetarium Jakarta.

1.    Atraksi

Di sini  tidak ada wahana permainan, namun jangan khawatir karena kamu bisa menikmati berbagai atraksi seru. Dijamin kamu dan keluarga tidak akan bosan saat berkunjung ke sana.

2.    Teater Bintang

Teater binatng merupakan suatu pertunjukan layaknya sebuah bioskop. Kamu akan mendapati ruangan besar dengan langit-langit yang berbentuk seperti kubah sebagai layarnya. Bentuk langit-langit tersebut yang akan membuat pengunjung seakan-akan melihat pemandangan langit secara nyata.

Dalam pertunjukan tersebut pengunjung akan disuguhkan pemandangan langit pada malam hari. Pemandangan tersebut ditampilkan dalam berbagai situasi, mulai dari pembentukan galaksi, tata surya, planet, bulan, gerhana matahari dan aneka benda langit lainnya.

Teater bintang biasa berlangsung selama 50 – 60 menit namun untuk sementara, Planetarium Jakarta masih menutup wahana ini.

3.    Galeri Astronomi

Wahana selanjutnya adalah galeri astronomi yang menyuguhkan berbagai macam foto dan gambar tentang benda luar angkasa. Galeri astronomi juga menyediakan informasi tentang benda-benda langit tersebut untuk menambah wawasan pengunjung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat koleksi meteorit yang jatuh di Pasuruan pada tahun 1975.

4.    Teleskop Observatorium

Di Planetarium Jakarta kamu tidak hanya disuguhi koleksi meteorit. Tapi, juga bisa merasakan pengalaman mengamati benda-benda langit secara langsung menggunakan teleskop.

Wahana ini tidak hanya digunakan untuk para wisatawan, pada waktu tertentu aneka teleskop yang ada di sana digunakan untuk observasi benda langit. Di teleskop observatorium kamu bisa melihat fenomena langit secara langsung dengan bantuan petugas.

Di wahana ini kamu akan menjumpai berbagai jenis teleskop, salah satunya Teleskop ASKO yang merupakan teleskop reflektor dengan cermin berdiameter 31 cm. Tak hanya itu, ada juga teleskop Takahashi yaitu teleskop Newtonian yang berdiameter 16 cm.

Kamu juga akan menjumpai teleskop Coude berdiameter 15 cm dan berbagai jenis teleskop lainnya. Jika, tertarik berkunjung ke Planetarium Jakarta kamu bisa langsung pesan tiket kereta api di aplikasi Pegipegi. Nikmati kemudahan dalam pembelian tiket kereta dan dapatkan penawaran menarik lainnya.

 

 

Sumber:

  1. https://www.instagram.com/planetariumjkt/?hl=id
  2. https://dolanyok.com/planetarium-jakarta/