Tips Merawat Mobil agar Performanya selalu Prima

Untuk memastikan kondisi mesin mobil yang dulunya dibeli melalui promo Pajero Dipo Star Finance dalam keadaan baik dan tidak rusak, maka sebagai pemilik mobil sudah semestinya Anda melakukan perawatan dengan service secara berkala ke bengkel terdekat. Namun, selain membawanya ke bengkel, Anda juga bisa loh merawat mobil di rumah dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Panaskan mobil sesuai pemakaiannya

Jika mobil jarang digunakan, maka pemanasan mesin harus lama hingga suhu pada jarum indikator mobil menunjukkan mesin sudah panas. Sebaliknya, jika mobil sering digunakan, maka cukup dipanaskan sebentar saja.

2. Isi air radiator dengan coolant atau cairan radiator

Jangan lupa untuk mengecek kondisi air radiator mobil Anda. Jika airnya terlihat hampir habis, isi kembali dengan coolant atau cairan radiator. Tujuannya, tentu saja untuk mencegah agar mesin mobil tidak mengalami overheat. Selain itu, cek juga cairan lainnya seperti power steering dan air wiper.

3. Rutin cek dan ganti oli mobil

Dalam petunjuk buku manual biasanya disarankan mengganti oli setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Namun, untuk kondisi mobil yang sering terjebak kemacetan, maka penggantian oli bisa dilakukan setiap 5.000 km.

Biasanya, kondisi oli yang sudah tidak bagus akan membuat mesin mobil terasa kasar dan warna oli pun berubah menjadi hitam dan juga encer. Hal ini tentunya bisa menjadi pertanda jika Anda harus segera mengganti oli mobil.

4. Cek kondisi kabel dan lampu

Agar momen berkendara tetap lancar, pastikan untuk selalu mengecek kondisi kabel dan lampu mobil Anda. Apakah ada yang kendur atau putus, lampu yang meredup, dan lain-lain. Jika ternyata ada yang diputus, maka segeralah untuk menggantinya. Sangat disarankan menggantinya dengan komponen asli yang direkomendasikan pabrik, ya.

5. Cek kondisi aki dan gunakan bahan bakar yang tepat

Selalu pastikan bahwa kondisi air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu antara garis batas penanda. Atau, Anda juga bisa mengukurnya dengan menggunakan voltmeter.

Untuk bahan bakarnya pilih yang beroktan tinggi atau sesuai dengan anjuran pabrik. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kinerja mesin.

6. Cek ban dan tekanannya

Pastikan untuk selalu mengecek kondisi ban dan tekanannya sebagai salah satu upaya untuk keselamatan di jalan.

7. Lakukan tune-up secara berkala di bengkel resmi

Sebaiknya rutin melakukan tune-up untuk menjaga stabilitas dan performa mobil. Pilih bengkel resmi yang terpercaya agar mobil Anda semakin prima.

Dengan perawatan mobil yang tepat, kondisi mesin akan tetap bagus dan performanya pun semakin prima saat berkendara. So, jangan lupa rawat selalu mobil Anda, ya!