Tanya Dokter Tentang Kehamilan – Posisi Tidur Paling Bagus Untuk Ibu Hamil

Posisi tidur memang sangat penting ketika seorang wanita sedang menjalani masa kehamilan. Terlebih bila sedang hamil tua yang mana kondisi janin sudah semakin besar. Bagi para ibu, posisi tidur jadi semakin susah; miring ke kiri tidak nyaman, ke kanan tidak nyaman dan begitu juga terlentang. Nah, bila Anda sekarang sedang mencari informasi tentang masalah ini, Anda bisa menyimak sedikit rangkuman “Tanya Dokter Tentang Kehamilan” berikut ini.

Posisi Tidur Ibu Hamil Trimester Pertama dan Kedua

Pada masa kehamilan di trimester pertama serta kedua, seorang ibu masih bisa dengan bebas memilih posisi tidur yang nyaman untuknya. Anda boleh memilih posisi terlentang, menyamping ke kiri maupun ke kanan. Yang terpenting adalah tidak tengkurap dan pastikan posisi tidurnya terasa nyaman.

Posisi Tidur Ibu Hamil Trimester Ketiga

Ketika usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga, posisi tidur menyamping kiri lebih disarankan. Anda juga tidak dianjurkan tidur dengan posisi terlentang karena posisi ini membuat janin yang ada di dalam rahim tertekan pembuluh darah besar. Saat Anda tidur dengan posisi terlentang, aorta dan vena cava inferior berada di posisi belakangnya sehingga tekanan ini akan menghambat sirkulasi darah ke jantung, ginjal, janin dan juga rahim.

Nah, dengan tidur di posisi miring ke kiri, Anda tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga membuat posisi lambung berada di posisi paling nyaman dimana ini tidak akan tertekan oleh janin dalam rahim yang sudah cukup besar di posisi ini. Kalau Anda sering mendengkur di waktu tidur, posisi ini bisa sangat membantu. selain itu, pembekakan pada tangan, tungkai dan pergelangan kaki bisa diminimalisir.

Untuk membuat posisi tidur Anda lebih nyaman, Anda bisa meletakkan bantal di samping kiri tubuh Anda supaya posisi dada lebih naik. Kalau Anda sering merasakan nyeri di bagian ulu hati, letakkan beberapa bantal di bawah kepala supaya asam lambung tidak naik ke atas.

Bagaimana Supaya Ibu Hamil Bisa Tidur Dengan Nyaman?

Kesulitan tidur nyenyak sudah menjadi permasalahan banyak ibu hamil. Perlu Anda ketahui kalau minum herbal dan obat tidur sangat tidak disarankan bagi ibu hamil. Anda bisa menerapkan beberapa tips ini untuk meningkatkan kualitas tidur Anda:

  • Hentikan kebiasaan minum-minuman berkafein seperti teh, kopi dan juga soda. Hindari makan dan minum terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur. Meski demikian, pastikan Anda juga makan-makanan bernutrisi tinggi. Beberapa ibu hamil melaporkan mereka lebih nyaman bila makan lebih banyak di pagi hari dan siang, sementara malam porsi makannya dikurangi. Tapi bila Anda tetap merasa mual, Anda bisa makan sedikit biskuit sebelum tidur.
  • Latihan tidur dan bangun di waktu yang sama akan membentuk pola tidur Anda jadi lebih baik. Awalnya memang sedikit susah, tapi lama-kelamaan akan jauh lebih baik.
  • Hindari aktivitas berat sebelum tidur. Anda lebih disarankan untuk melakukan relaksasi seperti baca buku atau minum-minuman hangat misalnya air madu dan teh herbal.
  • Coba kelas yoga yang didesain untuk wanita hamil. Ada banyak teknik relaksasi yang bisa Anda coba terlebih di masa kehamilan ini Anda mungkin kerap merasa overwhelmed sehingga relaksasi sangat diperlukan.

Tidur merupakan salah satu sarana penting agar tubuh senantiasa sehat dan badan bisa melakukan regenerasi sel dengan baik. Nah, semoga tips tidur bagi wanita hamil di atas membantu Anda .