Tak Asal Pilih, Begini Tips Memilih MPASI yang Baik untuk Bayi

MPASI diberikan untuk bayi yang berusia 6 bulan hingga 2 tahun. Pemberian MPASI bertujuan membantu memenuhi gizi penting untuk bayi. Pemenuhan gizi yang baik akan mendukung tumbuh dan kembangnya secara optimal. Yuk, cari tahu lebih lanjut bagaimana cara memilih MPASI yang tepat untuk si kecil!

1.   Rebus, Kukus, atau Tim

Ketika mengolah bahan MPASI, sebaiknya Anda memilih cara pengolahan dengan perebusan, pengukusan, ataupun tim. Pengolahan dengan cara ini lebih sehat dibanding dengan cara penggorengan atau pembakaran.

Menggoreng kurang baik karena mengandung minyak yang belum bisa dicerna tubuh bayi sementara pembakaran berisiko memberikan efek karsinogenik dari sisa bakaran yang menempel pada makanan. Selain itu, nutrisi dari makanan juga lebih terjaga dan berkurang risiko kerusakannya.

2.   Atur Jadwal Pemberian

Pemberian MPASI harus disesuaikan dengan usia bayi. Sebagai permulaan, Anda bisa memberikan MPASI dengan porsi kecil dan jarang. Setelahnya, Anda bisa menambahkan porsi dan mengatur frekuensi pemberian lebih sering. Hal ini dilakukan agar bayi tidak kaget dengan perubahan pola makan dan lebih mudah beradaptasi untuk mencerna gizi.

3.   Kenalkan dari Bahan Makanan Paling “Ringan”

Bayi memiliki sistem tubuh yang masih rentan sehingga pemberian MPASI haruslah tepat dan bertahap. Anda sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan MPASI kepada bayi dengan bahan makanan light yang belum kompleks dan mudah dicerna. Beberapa contoh makanan tersebut diantaranya buah pisang, pepaya, dan bubur nasi.

4.   Pilih Bahan dengan Nutrisi yang Lengkap

MPASI yang baik memiliki gizi yang lengkap. Anda perlu menyiapkan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak baik, berbagai vitamin, dan mineral. Pemenuhan gizi yang lengkap dengan porsi tepat sangat baik untuk mendukung bayi tumbuh optimal dan sehat.

5.   Kombinasikan dengan Beragam Bahan

Agar tak bosan, Anda bisa mengkombinasikan beberapa bahan untuk dijadikan MPASI. Anda bisa menggabungkan ayam dan wortel, brokoli dan salmon, telur dengan daun bawang, atau pisang dengan gandum untuk membuat MPASI. Tentunya rasa yang semakin beragam akan menstimulasi bayi untuk tertarik dan mau makan.

3 Macam Sumber Bahan Makanan Sehat dan Bergizi yang Cocok untuk Dijadikan MPASI

  1. Sumber karbohidrat, seperti beras merah, ubi, labu kuning, kacang hijau, dan gandum
  2. Sumber protein, misalnya ayam, ikan laut (salmon, cakalang, tuna, mackerel), telur, tahu
  3. Sumber serat, vitamin, dan mineral, diantaranya yaitu brokoli, wortel, pisang, pepaya, buah beri, dan alpukat

Pengolahan bahan untuk MPASI harus diperhatikan dengan seksama dan benar. Untuk kemudahan mendapatkan bahan MPASI si kecil, Orami membantu Anda dengan jual MPASI yang berkualitas. Anda bisa memilih beragam produk instan dari banyak merk langganan para ibu. Selain produk MPASI, Orami juga merupakan toko perlengkapan bayi yang terpercaya untuk kelengkapan segala kebutuhan bayi dan anak Anda tersayang.