Salah Satu Komponen Keamanan, Inilah Fungsi Relay Motor

Secara umum, fungsi relay motor adalah untuk menjaga kestabilan aliran listrik pada motor. Terutama untuk komponen lampu dan klakson yang ada di motor. Sehingga fungsinya sangat penting, seperti lampu, dimana jika sepeda motor tidak menggunakan lampu maka tidak akan bisa melihat jalanan dengan baik akhirnya dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Nah adapun berikut ini secara detail fungsi relay motor yang harus kamu tahu, dengan begitu kamu bisa memaksimal kan penggunaannya.

Macam-Macam Fungsi Relay Motor

Relay mempunyai dua komponen utama yaitu kumparan dan saklar, ketika dua komponen tersebut terhubung di kotak pintu relay maka arus listrik bisa mengalir, begitupun sebaliknya. Nah berikut ini berbagai fungsi relay motor yang akan berguna untuk keselamatanmu.

  • Dapat mencegah korsleting

Relay bisa mencegah korsleting pada motor, jenis ini bisa kamu temukan pada relay terbaru. Sehingga korsleting hanya akan terjadi apabila arus listrik ke sekring tidak dalam kondisi stabil. Ingat korsleting bisa membuat kerusakan serius pada motor.

  • Untuk menunda jalannya aliran listrik

Relay bisa menyimpan aliran listrik, sehingga bisa menahan aliran listrik yang besar. Biasanya terjadi ketika kumparan sumber arus listrik yang menghasilkan arus yang besar, dengan relay arus akan teralirkan pelan-pelan.

  • Menjalankan fungsi logika

Dengan relay kamu akhirnya bisa mengatur bagian-bagian pada komponen motor yang membutuhkan aliran listrik.

  • Sebagai kunci pengaman saat ada arus pendek

Bisa berfungsi sebagai kunci pengaman yang mencegah arus pendek yang bisa mempengaruhi komponen lain atau dengan kata lain relay bisa pengendali arus listrik.

  • Relay starter

Fungsinya untuk menghidupkan mesin motor, jika bermasalah motor tidak akan bisa dinyalakan lewat starte elektrik.

  • Dapat memperpanjang usia saklar motor

Dengan relay maka usia saklar motor akan lebih panjang, caranya yaitu dengan membantu membagi beban saklar.

  • Mengatur tegangan tinggi

Relay bisa mengatur tegangan tinggi yang ada pada sistem kelistrikan motor.

  • Sebagai pendukung aksesoris tambahan pada motor

Adanya relay akan memaksimalkan fungsi aki motor, terlebih ketika kamu menggunakan aksesoris tambahan. Jika tidak menggunakan relay maka aki motor akan cepat habis.

Nah sekarang kamu sudah memahami berbagai macam fungsi relay motor. Jika motormu menggunakan relay ada baiknya lakukan perawayan rutin agar kerjanya optimal.