Sabun Susu Kambing VS Sabun Mandi Biasa, Mana yang Lebih Baik?

Kebanyakan wanita pilih sabun mandi biasa dengan alasan praktis dan nyaman. Padahal sebetulnya manfaat sabun susu  untuk kulit jauh kaya dibanding sabun mandi biasa. Lantas, apakah sabun susu kambing jauh lebih baik dari sabun mandi biasa? Berikut penjelasannya!

 

Kekurangan Sabun Mandi Biasa

 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, banyak orang pilih sabun mandi biasa dengan alasan praktis, murah, mengandung busa, dan ampuh menghilangkan kotoran. Padahal sebetulnya, sabun mandi biasa adalah produk detergen sintetik. Umumnya sabun mandi biasa punya kandungan pH tinggi karena memiliki kandungan zat kimia yang bisa berdampak buruk pada kulit. Deterjen juga bersifat alkali yang bisa mengubah keseimbangan pH kulit sehingga kulit jadi kering.

 

Dikutip dari halosehat.com, sebuah penelitian dari jurnal Skin Pharmacology and Physiology, 90 menit setelah cuci tangan sabun, pH kulit tangan belum sepenuhnya kembali normal. Rata-rata pH kulit yang seimbang adalah 4,7 – 5,75.

 

Perubahan pH ini bisa ciptakan lingkungan ideal bagi bakteri untuk berkembang biak sekaligus meningkatkan iritasi. Akibatnya, kulit kamu jadi lebih rentan terhadap dermatitis kontak, dermatitis atopik, infeksi jamur, dan masalah kulit lainnya.

 

Sabun mandi biasa umumnya juga mengandung pewangi dimana zat ini bisa sebabkan kekeringan pada kulit, dan memicu timbulnya alergi pada kulit, utamanya kulit yang sensitif. Sedangkan sabun antibakteri yang umumnya punya kandungan zat kimia yang lebih keras, triclosan dan triclocarban. Dua zat ini justru meningkatkan resiko perkembangan bakteri jadi lebih kuat terhadap zat antibakteri dalam sabun.

 

Kelebihan Sabun Susu Kambing

 

Sejak dulu, susu memang dipercaya sebagai salah satu bahan yang punya banyak manfaat untuk kulit wanita. Sabun susu kambing biasanya terbuat dari 100% ekstrak susu kambing, minyak kelapa, minyak zaitun, dan bahan alami lainnya.

 

Semua bahan ini kemudian diramu dengan lye (natrium hidroksida), yang tidak menghasilkan sifat alkali lantaran minyak dan Iye langsung menyatu menjadi sabun. Selama proses pembuatan, sabun susu kambing juga menghasilkan gliserin yang secara alamiah bisa melembabkan kulit kamu.

 

Susu kambing bisa menghilangkan kotoran yang membandel, karena dalam bentuk alaminya susu kambing mengandung asam laktat dan alpha-hydroxy acid (AHA) yang ampuh membersihkan kulit. AHA juga punya fungsi untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam sehingga membantu mempercepat proses peremajaan kulit kamu, Ladies.

 

Memenuhi kebutuhan nutrisi kulit, susu kambing juga mengandung protein dan lemak tinggi. Manfaat sabun susu ini dapat membantu memperkuat struktur kulit. Membunuh bakteri penyebab jerawat. Lemak pada susu kambing bisa bantu melembabkan serta mencegah peradangan. Lebih dari itu, susu kambing kaya zinc, vitamin A, B kompleks, D, dan vitamin E yang bisa sehatkan kulit kamu.

 

Seimbangkan pH kulit, ini karena pH susu kambing setara dengan pH kulit tubuh sehingga bisa menyerap nutrisi lebih baik untuk kulit, kulit kamu nggak bakal kering setelah mandi.

 

Menjaga kelembaban kulit secara maksimal. Susu kambing mengandung krim alami yang membantu mengunci kelembaban kulit. Manfaat sabun susu kambing ini bisa kamu rasakan saat memakainya secara rutin. Tanpa disadari, kulit tubuh kamu jadi lebih lembut dan kenyal,

 

Oh ya, sabun susu kambing nggak mengandung detergen, alkohol, pewarna, atau limbah minyak bumi yang umumnya ada pada sabun mandi biasa. Jadi produk ini aman banget buat kulit sensitif sekalipun. So, udah tau kan mana produk sabun yang lebih baik?