Perusahaan Wajib Tahu, Berikut 4 Kiat Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

Kegiatan akuntansi yang tidak bisa dipisahkan dalam operasional bisnis, membuat banyak pengusaha tertarik untuk menggunakan software akuntansi. Lantaran software ini akan membantu pembuatan laporan keuangan yang terkait dengan kegiatan akuntansi tersebut. Namun anda tidak boleh asal pilih, ikuti beberapa tips berikut untuk mendapatkan aplikasi terbaik.

Tips Memilih Aplikasi Akuntansi Terbaik

1. Memilih Software Online atau Offline

Memilih antara software online atau offline acap kali menjadi pertimbangan para pelaku usaha saat hendak menggunakan aplikasi akuntansi. Teknologi yang berkembang begitu pesat memang membuat developer software ini bisa menghadirkan berbagai macam bentuk aplikasi. Dalam hal ini, anda dapat memilih antara dua basis yakni offline atau online.

Untuk aplikasi offline maka cara kerjanya yaitu harus memasukkan data secara langsung dari komputer pusat, yang mana komputer pusat ini telah terintegrasi dengan sistem. Namun jika menggunakan software akuntansi berbasis online, maka anda bisa memasukkan data serta mengendalikannya di mana saja dan kapan saja selama mempunyai kode akses.

2. User Friendly

Tips memilih accounting software berikutnya yaitu pilih yang menerapkan user friendly. Mengingat bahwa banyak pemilik usaha maupun para pekerjanya yang tidak memiliki latar belakang pada bidang akuntansi, maka program yang digunakan sebaiknya mudah untuk dipahami dan digunakan oleh berbagai pengguna.

Semakin mudah dioperasikan maka akan semakin baik. Oleh karena itu, sebaiknya cari software yang menerapkan user interface sederhana dan efisien. Ini nantinya akan memberi perusahaan banyak keuntungan, karena tidak perlu mengeluarkan dana untuk biaya pelatihan agar karyawan dapat mengoperasikan sistem.

3. Keamanan Data

Keamanan data merupakan faktor mutlak yang harus diperhatikan. Bagaimana tidak, data data yang akan dicatat dalam software merupakan data krusial perusahaan. Jika aplikasi yang digunakan tidak aman, maka data data bisa bocor ke tangan yang salah atau ke pihak kompetitor dan membuat bisnis kalah saing.

Maka dari itu, tanyakan pada developer perihal keamanan data sebelum memilih accounting software. Lihat apakah vendor terkait memiliki tim ahli yang mampu menyimpan serta melindungi data anda dengan baik atau tidak. Cari tahu bagaimana mereka melakukan pemutakhiran keamanan sebelum memilih.

4. Sistem Terintegrasi

Software akuntansi yang dipilih sebaiknya harus memiliki sistem terintegrasi agar penggunaannya lebih efisien untuk bisnis anda. Tentunya sistem perlu terintegrasi dengan aplikasi lain yang berkaitan, seperti Point of Sales untuk kasir, payroll, perpajakan, dan lain sebagainya. Selain anda tidak perlu kerja dua kali, sistem yang terintegrasi akan begitu membantu saat bug terjadi.

Itulah beberapa tips yang perlu anda terapkan saat memilih aplikasi akuntansi terbaik. Tentunya menerapkan aplikasi seperti ini dalam bisnis akan sangat membantu agar usaha anda berjalan makin lancar. Soltius Indonesia bisa menjadi salah satu yang menghadirkan aplikasi seperti di atas untuk para pelaku usaha. Untuk informasi lebih lanjut, bisa segera hubungi Soltius.