Pengetahuan Penting, Ini Dia Hal Seputar Suku Bunga KPR 2021

Sebelum Membeli Properti, Sebaiknya Ketahui Dulu Suku Bunga KPR 2021

 

Saat ini kepemilikan rumah seakan menjadi tren bagi masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak pengembang atau developer yang menawarkan properti berkualitas dengan harga relatif rendah. Rumah saat ini tidak hanya sekedar sebagai kebutuhan primer semata, namun juga menjadi investasi jangka panjang. Untuk memiliki sebuah rumah tentu banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya kesiapan biaya. Apabila pembelian rumah secara tunai sulit untuk dilakukan lantaran perlu waktu lama menabung, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disediakan bank bisa menjadi solusi yang tepat. Proses yang ditawarkan sudah pasti terpercaya, mudah dan cepat, lho.

 

Jika metode KPR sudah ditentukan, maka dari itu Anda perlu tahu hal-hal penting seputar kredit tersebut. Pertama, jika properti sudah ada sebaiknya konsultasikan dulu ke bank terkait apa bisa dilakukan metode ini, atau sebagian bank telah menyediakan kerjasama dengan developer terpercaya. Kalau properti sudah ada, Anda bisa langsung berkoordinasi dengan bank atau developer untuk mengetahui Suku Bunga KPR 2021 yang berlaku, dan lakukan simulasi agar mampu mengetahui kemampuan finansial Anda. Nah bicara soal suku bunga tentu penting untuk diketahui lebih lanjut. Penasaran? Anda bisa kupas semua terkait suku bunga tersebut di artikel berikut ini.

 

Yuk Mulai Kenali Jenis Suku Bunga Bank yang Berlaku

Di dalam industri perbankan, terdapat lima jenis suku bunga KPR yang biasanya ditawarkan. Dilansir Sikapi Uangmu oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jenis suku bunga terdiri dari suku bunga tetap (fixed), suku bunga mengambang (floating), suku bunga flat, suku bunga efektif dan suku bunga anuitas. Pertama, suku bunga tetap (fixed) merupakan suku bunga yang tidak berubah sampai jangka waktu atau sampai dengan tanggal jatuh tempo misalnya KPR jenis subsidi. Maka dari itu, rumah bersubsidi banyak dijadikan pilihan bagi masyarakat Indonesia.

 

Kedua, suku bunga mengambang (floating) merupakan suku bunga yang selalu berubah mengikuti suku bunga di pasaran atau ditetapkan Bank Indonesia. Umumnya KPR dengan periode tertentu menerapkan jenis suku bunga ini, misalnya dua tahun pertama suku bunga tetap (fixed), kemudian mengikuti suku bunga mengambang (floating). Skema ini banyak diterapkan bank di Indonesia. Selanjutnya yang ketiga ada flat (suku bunga) yang cara perhitungannya berdasarkan nominal pokok pinjaman di awal. Nah akhirnya angsuran pokok yang harus dibayarkan beserta bunganya sama sampai akhir waktu angsuran. Jenis suku bunga ini biasanya digunakan untuk kredit jangka pendek.

 

Keempat, suku bunga efektif memperhitungkan dari sisa jumlah angsuran pokok setiap bulan seiring dengan berkurangnya pinjaman yang sudah dibayarkan. Maka dari itu jika pokok pinjaman yang anda ambil kecil, maka keharusan membayar suku bunga juga kecil. Angsuran pokok tidak sama hingga akhir periode pinjaman, namun suku bunga berbeda. Terakhir, kelima yakni suku bunga anuitas. Suku bunga ini berlaku dengan jumlah angsuran pokok ditambah angsuran bunga yang dibayaw agar sama setiap bulan. Awalnya porsi bunga lebih besar dari angsuran pokok, hingga menjadi berbalik seiring berakhirnya masa kredit.

 

Cari Tahu Suku Bunga KPR di Situs Website Resmi Bank

Untuk mengetahui suku bunga KPR yang ditawarkan, sebaiknya Anda melakukan browsing terlebih dahulu di situs website resmi bank yang dituju. Nah buat Anda yang sedang Suku Bunga KPR 2021 dari Bank Tabungan Negara (BTN), caranya mudah lho! Klik website resmi BTN Properti atau www.btnproperti.co.id, kemudian cari fitur Simulasi KPR. Di sini, Anda bisa menemukan dua jenis KPR yang disediakan Bank BTN yakni KPR Konvensional merupakan pinjaman pemilikan rumah dengan bunga float rendah, dan KPR Syariah merupakan KPR yang ditujukan untuk masyarakat dengan nilai-nilai syariah.

 

Jenis KPR Konvensional berada di angka 8,29% dengan cicilan mulai dari Rp 3.042.299 per bulan. Sedangkan, KPR Syariah berada di angka 8,49% dengan cicilan mulai dari Rp 3.519.801 per bulan. Pilih salah satu jenis KPR yang Anda inginkan dan lakukan simulasi. Di BTN anda akan disajikan sebuah simulasi KPR yang sudah pasti terjamin baik itu soal kejelasannya, kemudian keamanan dana juga cepat. Isi beberapa kolom yang tersedia, yakni jenis suku bunga, jenis subsidi, harga beli properti, uang muka yaitu 15% dari harga properti, kemudian isi suku bunga/tahun, berapa lama pinjaman yang kamu sanggupi, isi masa kredit fix atau tetap, selanjutnya isi juga suku bunga floating dimana berlaku suku bunga yang berdasarkan Bank Indonesia. Jika sudah kamu bisa klik panel hitung sehingga perhitungan yang kamu lakukan bisa menunjukkan detail pinjamannya beserta angsuran yang harus kamu bayar.

Dengan Online Anda Butuh Kisaran 10 Menit Untuk Mengurus KPR

Setelah tahu Suku Bunga KPR 2021, langsung ajukan KPR di BTN Properti Pengajuan kredit hanya dalam 10 menit saja dan langsung terhubung dengan kantor cabang BTN. Jika Anda belum menemukan hunian idaman, tak perlu khawatir. Karena, Bank BTN menjadi platform pertama milik bank yang bekerjasama dengan developer di seluruh Indonesia. Temukan hunian impian Anda bersama properti-properti pilihan dari developer ternama, seperti Arya Lingga Manik, Grand Mekarsari, Duta Putra Land, HK Realtindo, Bandara City, PP Urbantown Serpong dan masih banyak lagi.

 

Ingin lebih mudah saat pengajuan KPR Bank BTN? Segera unduh aplikasi BTN Properti yang sudah tersedia di Google Play dan Apple App Store. Nah dengan aplikasi tersebut tentunya kamu bisa semakin update terkait informasi suku bunga dan bagaimana mengajukan KPR dengan lebih cepat. Konsultasikan KPR Anda dengan registrasi terlebih dulu di website BTN Properti, atau Hubungi Customer Service via Live Chat pada bagian “Let’s Chat – Online”. Selain itu follow media sosial yang dikelola BTN Properti baik itu di Instagram, kemudian Youtube, bahkan Twitter dan juga Facebook.