Panduan Memilih Anting Berlian Anak yang Aman dan Nyaman

Semua orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam hal pemilihan perhiasan. Anak perempuan memang biasanya sudah menggunakan anting sejak kecil. Salah satu tujuannya agar anak tidak perlu menindik telinganya ketika besar nanti. Dari banyaknya jenis anting yang ada di pasaran, anting berlian anak tetap menjadi yang paling direkomendasikan.

Jika ingin memberikan anting berlian, Anda harus memilihkan yang aman dan nyaman untuk mereka. Berikut adalah panduan memilih yang bisa diikuti:

Pilih Anting Berkualitas

Anting berlian merupakan anting yang berkualitas dibandingkan anting jenis lainnya. Meskipun begitu, kualitas anting berlian bisa berbeda-beda. Pada umumnya, kualitas anting berlian ditentukan oleh faktor 4C (Carat, Color, Clarity, dan Cut). Pastikan Anda memilih anting berkualitas untuk Si Kecil, terutama bagian logamnya. Jika memilih logam emas, sebaiknya cari yang tidak ada campuran nikel. Pasalnya nikel bisa menyebabkan risiko alergi.

Pastikan Nyaman Dipakai

Berbeda dengan orang dewasa yang sudah terbiasa menggunakan perhiasan, anak-anak tidak demikian. Oleh sebab itu, penting memilih anting berlian anak yang nyaman dipakai. Pastikan model anting yang Anda berikan tidak mengganggu aktivitas mereka. Anting model bulat kecil adalah yang paling direkomendasikan. Anting yang juga dikenal dengan nama small hoop earrings tersebut sudah digunakan oleh anak-anak sejak lama.

Pilih Penutup yang Aman

Bagian penutup merupakan salah satu bagian yang harus Anda cek terlebih dulu ketika mencari anting untuk Si Kecil. Pada umumnya, model penutup anting ada dua yaitu screw backs dan safety back. Screw backs merupakan jenis penutup yang digunakan dengan cara diputar, jadi anak akan sulit melepasnya sendiri.

Sedangkan safety back merupakan jenis penutup yang dianggap lebih aman. Ada bunyi klik ketika dipasang dan nantinya akan sulit dilepas. Hindari penutup model cubit atau kupu-kupu karena tusuk anting belakang kurang bagus untuk anak.

Ukuran Pas

Tips memilih anting berlian anak selanjutnya adalah menentukan ukuran yang tepat. Jangan memberikan anting yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk anak. Anting yang terlalu besar tidak akan nyaman digunakan untuk aktivitas. Sedangkan anting yang kekecilan akan membuat daun telinga terasa sesak. Apalagi daun telinga anak belum sekuat orang dewasa.

Pastikan Beratnya Tepat

Selain memperhatikan ukuran anting, Anda juga harus memperhatikan beratnya. Anda mungkin berpikir semakin berat berlian akan semakin berkualitas. Namun Anda tetap harus mempertimbangkan kesehatan Si Kecil. Berat anting yang tepat untuk anak adalah antara 0,5 gram sampai dengan 1 gram. Anting dengan ukuran tersebut tidak akan membebani daun telinga Si Kecil, jadi lebih aman.

Pertimbangkan Model Solitaire

Tips terakhir yang bisa Anda pertimbangkan yaitu memilih model solitaire. Solitaire atau berlian tunggal merupakan model anting yang hanya menggunakan satu berlian saja. Anting ini cantik namun tetap simple untuk anak-anak. Bukan hanya itu saja, anting solitaire juga timeless. Jadi bisa dijadikan kenang-kenangan sampai dewasa nanti. Bahkan bisa diberikan pada anaknya kelak.

Itulah panduan memilih anting berlian anak yang dapat Anda ikuti. Cari anting yang tepat untuk Si Kecil dengan mengunjungi gerai resmi The Palace. Brand satu ini sudah memiliki sekitar 35 gerai yang tersebar di berbagai daerah. Jangan khawatirkan kualitas dan keasliannya karena dijamin asli. Selain ke gerai resmi, Anda bisa melakukan pembelian online di marketplace. Informasi lain mengenai The Palace ada di website www.thepalacejeweler.com.