Metode Pemilihan Pipa Air di Rumah

Pembangunan sebuah rumah tidak lepas dari sistem penyaluran airnya. Dimana kamu wajib menata pipa air secara rapi untuk mengakomodir semua kebutuhan air di dalam rumah. Karena jika tidak kamu pertimbangkan secara matang tentunya posisi pipa air menjadi tidak teratur dan membuat tatanan rumah menjadi kurang estetik. Dalam memilih pipa kamu juga tidak boleh asal memilih, ada banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan karena pipa sendiri juga sudah mempunyai banyak jenis dan fungsi masing-masing serta dengan kualitas yang berbeda-beda.

Salah satu pipa air yang mempunyai beragam bentuk, kemudian ketebalan, fungsi, dan dengan kualitas material yang standard internasional adalah pipa Rucika. Yaapps pipa Rucika sangat terkenal di pasaran pipa di Indonesia salah satu produknya pipa PVC. Mereka menawarkan pipa yang awet dan juga mempunyai kekuatan yang tinggi, hal ini tentunya akan berakibat pada umur pemakaian pipa yang lebih lama dan tentunya biaya yang lebih hemat. Karena pipa Rucika sangat beragam kamu bisa memilihnya berdasarkan metode berikut ini, harapannya pipa yang kamu pilih bisa sesuai dengan fungsinya dan mempunyai umur yang panjang.

Mengikuti Beberapa Metode Pemilihan Pipa Air Rucika

1.      Merancang Saluran Air

Sebelum kamu membeli pipa air tentunya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempunyai rancangan saluran yang tepat. Hal ini berguna untuk mengurangi kemungkinan untuk kamu merenovasi rumah hanya karena rancangan saluran air yang salah. Saat membuat rancangan saluran air inilah kamu harus menentukan bagaimana saluran air berjalan dan bagaimana pula saluran pembuangannya. Jika kamu salah merancangnya maka besar kemungkinan di masa depan kamu akan mengalami air yang mampet, kemudian saluran pembuangan yang juga mempet dan lain sebagainya yang tentunya membuat kamu tidak nyaman.

2.      Perhitungan Kebutuhan Pipa

Kemudian setelah kamu membuat rancangan dan mengetahui sumber air di rumahmu kamu bisa melakukan perhitungan berapa kebutuhan pipa total yang diperlukan. Tidak hanya panjang yang perlu kamu lakukan pengukuran kamu juga perlu memperhitungkan kebutuhan ukuran pipanya. Dari sini juga kamu bisa tau loh berapa budget yang kamu perlukan untuk pemenuhan kebutuhan pipa air rumahmu.

3.      Menggunakan Tipe Pipa yang Tepat

Pipa air sangatlah banyak tipenya di pasaran apalagi pipa yang diproduksi oleh Rucika. Jika kamu sudah mempunyai rancangan salurannya dan mengetahui kegunaannya nanti, kamu baru bisa memilih tipe mana yang pas ketika kamu gunakan. Biasanya untuk kebutuhan instalasi rumah tangga Rucika menawarkan ada yang namanya pipa PVC, kemudian Kelen Green, Kelox dan lain sebagainya dengan ragam ukuran. Dan pipa PVC tersebut sangat aman ketika dipergunakan untuk penyaluran air bersih serta air untuk dibuang.

Namun jika kamu ingin memfungsikan sebagai pipa saluran air panas maupun dingin kamu pun bisa menggunakan pipa Kelen Green dari Rucika yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

4.      Memahami Keperluan Fitting dan juga Lem

Membuat instalasi saluran air di rumah tentunya kamu membutuhkan pipa fitting dan juga lem atau perekatnya. Nah dalam pemilihan pipa dan ukurannya kamu perlu memahami keperluan fitting serta lemnya. Di Rucika sendiri terdiri dari banyak pipa fitting yang bisa kamu sesuaikan dengan tipe pipa yang kamu pilih dan kamu pun sudah sekaligus disedikan lem ruglue sebagai pilihan perekatnya.

Namun sebelum kamu menggunakan lem ruglue dari Rucika ada baiknya kamu memperhatikan metode penggunaannya karena proses perekatan yang tepat juga mempengaruhi hasil kekuatan sambungan pipa.

 

Metode di atas penting untuk kamu ketahui sebelum kamu menentukan pipa mana yang akan kamu gunakan. Tapi untuk produsen pipa sendiri Rucika tidak perlu kamu ragukan lagi mengenai kualitas dan harganya karena sudah pasti mereka memenuhi standard internasional dengan harga yang bersaing. Untuk mendapatkan informasi detail terkait pipa yang kamu butuhkan kamu juga bisa mengaksesnya secara langsung lewat www.rucika.co.id