Manfaat Jaminan Perlindungan Diri

Semua manusia di dunia ini memiliki kebutuhan dasar  yang oleh seorang ahli psikologi bernama Marshlow disebut sebagai “Kebutuhan Dasar Manusia”. Ada lima kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh manusia diantaranya adalah kebutuhan dari rasa aman. Oleh sebab itu, setiap manusia pasti membutuhkan perlindungan keamanan akan jiwa dan hidup mereka, sehingga tidak heran jika beberapa orang mengikuti sebuah program perlindungan diri atau menjadi salah satu nasabah asuransi jiwa dengan tujuan untuk memperoleh jaminan hidup.

Asuransi sendiri merupakan produk untuk melindungi diri anda dan keluarga dari resiko kecelakaan, kerugiaan, sakit, dan resiko kerugian lain yang dapat menghampiri diri anda kapanpun dan dimanapun. Hal ini merupakan beberapa manfaat dari asuransi, namun sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan oleh anda jika menjadi salah satu nasabah program perlindungan diri ini.

Untuk menjadi nasabah dari sebuah program jaminan jiwa di jaman sekarang ini juga sangat mudah, hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan asuransi sudah banyak didirikan di berbagai kota baik kota besar maupun kecil. Namun menurut survei yang dilakukan oleh beberapa ahli menegaskan, bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum atau sama sekali tidak ingin mengikuti program asuransi, hanya beberapa orang saja yang sudah terdaftar dalam asuransi.

Hal ini cukup wajar, dikarenakan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki pengetahuan lebih terkait asuransi dan manfaatnya. Banyak masyarakat yang mengklaim bahwa asuransi hanyalah sebuah program jaminan diri yang diperuntukkan bagi masyarakat kaya atau menengah ke atas. Sedangkan kehidupan sosial masyarakat  Indonesia notabene merupakan masyarakat yang hidup di dalam kelompok menengah ke bawah, sehingga merasa produk asuransi tidak cocok untuk mereka konsumsi.

Maka harus diadakan penyuluhan terkait asuransi beserta manfaatnya kepada masyarakat umum agar mereka lebih sadar terkait pentingnya hal tersebut. Serta masyarakat diharapkan lebih terbuka.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat dari asuransi utamanya asuransi jiwa yang dapat anda rasakan manfaatnya jika kelak sudah menjadi anggota.

1. Memberikan Ketenangan

Dapat dikatakan bahwa asuransi adalah tabungan di masa depan yang dapat menjamin hidup anda jika misalkan kelak anda mendapatkan kerugian dalam perihal keuangan dan sejenisnya. Setidaknya anda memiliki simpanan yang dapat anda ambil jika kelak mengalami sebuah kerugian.

 

2.Perlindungan Keluarga

Asuransi dapat memberikan perlindungan kepada keluarga anda berupa jaminan kehidupan yang stabil dan keuangan yang baik jika suatu saat nanti anda meninggal dan tidak ada lagi penopang kehidupan di keluarga anda. Ahli waris atau anggota keluarga anda juga bisa mendapatkan jaminan perlidungan  berupa keuangan dan perlindungan diri.

 

3.Meminimalisir Hilangnya Penghasilan

Jika suatu saat anda terkena PHK, mengalami kerugian usaha, pensiun atau berhenti bekerja, serta perihal lain yang membuat anda berhenti untuk mendapatkan penghasilan. Maka anda masih bisa mendapatkan uang dari program asuransi yang anda ikuti.

 

4.Investasi

Berasuransi sama halnya dengan berinvestasi, karena anda sama saja sudah menabung hanya berbeda tempat dan tata caranya. Namun dasar tujuannya sama, untuk memperoleh jaminan di masa depan.

 

5.Mengatur Keuangan

Jika anda mengikuti program asuransi, maka anda harus menyisihkan penghasilan bulanan anda guna membayar tagihan. Dengan begitu anda harus belajar menyusun pengeluaran bulanan.

Itu tadi beberapa manfaat yang dapat anda peroleh jika menjadi nasabah atau anggota dalam perlindungan diri.