Bagaimana Memulai Bisnis Crowdfunding

Jika anda baru mulai terjun ke dalam dunia bisnis, ada beberapa jenis bisnis yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan serta keahlian. Terdapat salah satu jenis bisnis yakni crowdfunding, yang bisa anda jadikan sebagai pilihan pertama. Lalu bagaimana untuk memulai bisnis tersebut? Berikut ini ada tahapan untuk memulai bisnis yang bersangkutan dengan pinjaman dana tersebut.

 

Tahapan Untuk Memulai Bisnis Crowdfunding

1.Mempersiapkan sistem serta pengelolaan yang baik

Sebelum memulai bisnis yang berkecimpung di ranah penyediaan dana ini, anda perlu menyiapkan beberapa anggota yang akan mengelola bisnis untuk kedepannya. Tidak mungkin anda akan mengelola bisnis tersebut secara individu, karena semakin besar sebuah bisnis, akan semakin besar pula kebutuhan untuk mengelolanya.

Equity crowdfunding ini akan menjadi tujuan anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Oleh karena itu, anda perlu memilih salah satu jenis sistem dalam bisnis yang akan anda jalankan.

Mulai dari sistem donasi, imbalan, serta sistem utang dengan peminjaman serta pengembalian dana dari perusahaan kepada investor. Pilih sistem bisnis tersebut secara cermat dan tepat, serta ajak juga beberapa teman untuk mengelola bersama bisnis tersebut.

 

2.Mendaftarkan bisnis kepada pihak berwenang

Setelah selesai dalam pemilihan sistem dari bisnis penyedia dana tersebut, hal kedua yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis anda kepada pihak yang berwenang. Karena bisnis crowdfunding Indonesia perlu sebuah legalitas, maka anda bisa mendaftarkannya kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal atau Otoritas Jasa Keuangan.

Agar pihak berwenang memberikan izin untuk bisnis yang anda bangun, gunakan beragam cara untuk dapat membuktikan bahwa bisnis anda layak untuk diberikan izin. Jika izin telah diterbitkan oleh pihak berwenang tersebut, anda bisa memulai membuka bisnis tersebut kepada khalayak umum. Dengan adanya legalitas dari pihak terkait, equity crowdfunding anda bisa berjalan dengan lancar.

 

3.Buat sebuah akun di beragam platform3.

Pembuatan platform khusus dengan pembahasan tentang bisnis yang telah anda dirikan sebelumnya, dapat menjadi cara lain untuk mempromosikan serta mengenalkan kepada masyarakat luas. Anda bisa membuat sebuah platform di berbagai media sosial, yang banyak di manfaatkan oleh crowdfunding Indonesia.

Pembuatan akun tersebut cukup mudah untuk dilakukan, bahkan hanya bermodalkan sebuah perangkat pintar dengan kualitas internet yang stabil. Jika anda masih bingung untuk membuat sebuah platform ini, jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan dari teman atau saudara yang paham mengenai hal tersebut.

Itu dia tahapan untuk memulai bisnis crowdfunding yang sangat bermanfaat untuk pemberian modal bagi pengusaha mikro. Sebagai contoh platform yang bisa anda gunakan sebagai referensi, Amartha sudah berdiri sejak 2010 dengan berbagai keunggulan yang diberikan. Segera kunjungi website resmi amartha.com untuk penjelasan lebih lanjut.