5 Penyakit Kulit yang Sangat Mengganggu

Kulit adalah bagian terluar tubuh yang kerap mengalami gangguan kesehatan. Bisa karena cuaca, alergi, atau kurangnya perhatian terhadap kebersihan. Biasanya, jika sudah terkena penyakit kulit, salep gatal jadi andalan untuk mengatasinya.

 

Namun, patut Anda ketahui bahwa beda penyakit tentu beda salep yang digunakan. Oleh sebab itu, kenali dahulu penyakitnya sehingga tidak salah dalam memilih salep untuk pengobatan penyakit tersebut.

Penyakit Kulit dan Penyebabnya

Kalau sudah terkena penyakit kulit rasanya sangat menyiksa, terutama karena menyebabkan gatal tidak tertahankan. Belum lagi mengkhawatirkan bekas yang mungkin akan ada di kulit setelah sembuh. Agar bisa mengatasinya, Anda harus mengenal dahulu penyakit kulit dan penyebabnya berikut ini:

1.     Selulitis

Penyakit ini merupakan infeksi yang membuat kulit kemerahan, bengkak, terasa lunak, dan sakit ketika disentuh. Biasanya terjadi pada area tungkai, tapi di beberapa kasus juga bisa pada bagian lain. Selulitis bisa menjadi penyakit mematikan apabila tidak ditangani serius, tapi tidak menular. Penyakit ini disebabkan infeksi, salah satunya infeksi saluran getah bening.

2.     Herpes Simplex Virus

Ini merupakan penyakit menular dengan keluhan pusing, mual, dan gejala seperti sakit flu. Jadi, bukan hanya menyebabkan gatal yang muncul pada bagian mulut atau bibir saja, tapi menyebabkan berbagai reaksi lainnya.

 

Seseorang bisa mengalaminya karena tertular virus dari orang lain. Herpes simplex bisa sembuh dalam dua minggu atau lebih cepat apabila Anda mengonsumsi antibiotik dan menggunakan salep gatal yang khusus untuk penyakit ini.

3.     Bisul

Penyakit kulit berikutnya adalah bisul yang diakibatkan infeksi bakteri dan bisa muncul di bagian mana saja pada tubuh. Biasanya muncul berupa benjolan dari dalam kulit dengan rasa nyeri dan kemerahan serta berisi nanah.

 

Terkadang bisul bisa hilang dengan sendirinya, tapi akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi antibiotik dan mengoleskan salep yang sesuai dengan penyakit tersebut. Bisul akan sembuh setelah pecah dan seluruh nanahnya keluar secara alami.

4.     Eksim

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, ditandai dengan rasa gatal pada kulit yang diikuti warna kemerahan. Lama kelamaan bintik merah muncul, di dalamnya bisa terdapat air atau nanah. Eksim bisa diakibatkan oleh kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan, kesalahan pemakaian produk pada kulit atau penggunaan pakaian dalam dan luar terlalu ketat.

5.     Kurap

Keluhan kurap juga sering dirasakan oleh orang Indonesia, ini adalah infeksi akibat jamur, dan bisa menyerang siapa saja. Gejalanya berupa muncul bercak putih, lingkaran-lingkaran bersisi, lembab, dan rasa gatal yang tidak berhenti. Untuk mengobatinya bisa dengan mengoleskan salep untuk kurap.

 

Nah, itu dia beberapa penyakit gatal yang umum menyerang masyarakat Indonesia. Kebanyakan terjadi karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan. Jadi, jangan asal pakai salep gatal kalau kena penyakit kulit, pastikan dahulu apa penyakitnya. Anda bisa berkonsultasi ke dokter di fasilitas kesehatan terdekat.