5 Manfaat Ajaib Ikan Kembung untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dimana nutrisi tersebut bisa Anda penuhi melalui konsumsi berbagai jenis makanan untuk ibu hamil misalnya adalah ikan salmon, lalu ikan tuna dan ikan kembung.

Makan ikan tersebut saat hamil sah-sah saja, bahkan sebagian ahli sepakat bahwa ibu hamil harus rutin mengonsumsi ikan kembung karena dapat memberikan kembung banyak manfaat bagi ibu dan janin. Sayangnya, tidak semua ikan kembung boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat makan ikan kembung saat hamil

Sumber protein yang sangat baik dari ikan bisa menjadi asupan nutrisi paling baik untuk para ibu hamil. Studi menunjukkan bahwa ikan tersebut memiliki berbagai nutrisi penting untuk membantu perkembangan janin dan menciptakan kehamilan yang sehat.

Nutrisi utama yang terkandung dalam ikan tersebut, yaitu dua asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Selain itu, ikan kembung juga memiliki sedikit lemak jenuh, protein tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Adapun manfaat makan ikan tersebut saat hamil, di antaranya:

1. Mendorong pertumbuhan janin

Saat Anda memakan ikan secara rutin maka asupan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Karena sejatinya asam amino esensial merupakan senyawa yang akan mendukung proses tumbuhnya sel-sel di tubuh bayi secara optimal. Misalnya sel pertumbuhan di kulit, rambuh, kemudian otot hingga tulang pada bayi.

2. Baik untuk perkembangan otak janin

Beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa kandungan DHA asam lemak omega-3 bisa menguatkan otak seorang janin apabila mendapatkan asupan yang cukup. Terutama pada saat kondisi kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, dimana janin sudah memasuki fase perkembangan otak yang optimal.

3. Meningkatkan suasana hati

Selain itu adanya asam lemak omega-3 pada DHA akan mempengaruhi kemungkinan terjadinya depresi saat hamil. Juga mencegah depresi setelah kehamilan berlangsung atau pascapersalinan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Makan ikan tersebut dengan baik dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi pembekuan darah dan kadar lemak darah. Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah jika memiliki riwayat hipertensi.

5. Mengurangi risiko lahir prematur

Ikan tersebut yang mempunyai kandungan omega-3 akan meminimalkan risiko adanya proses kelahiran yang premature. Terbukti pada wilayah-wilayah yang mempunyai tingkat budidaya ikan kembung cukup tinggi mempunyai tingkat kelahiran premature yang rendah loh.

Dalah seminggu seroang ibu hamil harus menjadwalkan menu makan ikan kembung yang rendah merkuri yaitu sebanyak dua hingga 3 kali dalam seminggu yaa. Nah ikan yang termasuk dalam kelompok ikan kembung adalah seperti salmon, kemudian ada teri, lalu ikan trout, ikan sarden, terubuk, ikan lele maupun ikan nila. Selain itu bisa juga mencoba ikan kembung tod, forel, dan berbagai jenis ikan yang hidup di laut misalnya udang, kepiting, lobster maupun remis ya.

Itu tadi beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan tersebut untuk Ibu hamil. Namun dibalik manfaatnya, selalu pastikan kembung juga bahwa Ikan kembung yang kamu beli segar dan berkualitas baik.

Belinya dimana? Kamu bisa membelinya di TaniHub yang menyediakan produk segar dan terjamin. TaniHub adalah platform e-commerce di mana Anda bisa belanja buah, sayur, bumbu, telur & unggas,, kebutuhan masak hingga sembako.

Saat Anda membuka platform website dari TaniHub Anda akan merasakan sensasi belanja yang berbeda loh. Selain itu Anda akan disuguhkan berbagai artikel yang mengulas berbagai resep masakan, berbagai makanan sehat dan tentunya bagaimana cara pengolahannya yang menggugah selera Anda. Nah untuk memperoleh versi lebih simple kamu bisa saja buka aplikasi TaniHub yang bisa kamu temukan baik di PlaySore maupun di AppStore ya.